Air Terjun Coban Rondo Malang dan Legenda di Balik Kecantikan Air Terjun Coban Rondo Malang - Dunia Travel

Air Terjun Coban Rondo Malang dan Legenda di Balik Kecantikan Air Terjun Coban Rondo Malang

Legenda Di Balik Keelokan Air Terjun Coban Rondo Malang

Wisata Jawa Timur - Banyak sekali tempat wisata di Malang yang menarik buat didatangi, salah satunya merupakan air terjun coban rondo. Bila kamu mau menikmati panorama alam yang menarik serta luar biasa hingga jangan ragu buat mendatangi tempat wisata air terjun di Malang yang satu ini. Kamu hendak dihibur dengan panorama alam air terjun yang luar biasa.

Air Terjun Coban Rondo
Air Terjun Coban Rondo

Aliran air di coban rondo berasal dari lereng Gunung Kawi, tepatnya berasal dari sumber Cemoro Dudo, dengan aliran debit air menggapai 90 liter/ detik di masa kemarau serta 150 liter/ detik di masa penghujan. Air terjun ini terletak di ketinggian 1. 135 m diatas permukaan laut serta berlokasi di dekat Gunung Panderman Batu. Ketinggian air terjun coban rondo dekat 84 m. Objek wisata air terjun ini dikelola oleh Kesatuan Pemangkuan Hutan( KPH) Perum Perhutani Malang.

Pada dasarnya, air terjun ini terdiri dari 3 tingkatan. Pada tebing sangat merupakan air terjun kembar yang populer dengan istilah Coban Manten. Air terjun kembar itu diibaratkan sejoli pacar yang lagi melakukan perkawinan. Air terjun kembar ini mengalir menyatu jadi satu serta jatuh ke tebing selanjutnya, ialah Coban Dudo. Serta aliran air di tebing selanjutnya merupakan Coban Rondo.

Lokasi Air Terjun Coban Rondo

Air Terjun Coban Rondo
Air Terjun Coban Rondo

Letak air terjun coban rondo ini terletak di Desa Pandesari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Akses mengarah air terjun sangatlah gampang serta beraspal lumayan bagus, dapat ditempuh dengan mobil ataupun sepeda motor. Banyak opsi jalan yang dapat kamu akses buat dapat masuk ke tempat tersebut.

Bila dari pusat Kota Malang berjarak 32 kilometer ke arah baratdan cuma memerlukan waktu 1, 5 jam. Serta bila dari arah Kota Kediri ataupun Kota Jombang memerlukan waktu kurang lebih 3 jam ekspedisi. Bila telah hingga di pertigaan Kecamatan Pujon yang diisyarati dengan terdapatnya arca sapi yang berdimensi besar, silahkan berbelok mengarah ke arah barat.

Tiket Masuk Wisata Air Terjun Coban Rondo

Harga tiket masuk ke coban rondo 10. 000 pada dikala hari aktif serta 12. 000 pada weekend. Tiket perijinan dapat dicoba di pos ataupun pintu gerbang buat masuk ke zona wisata. Dikala melewati pos perijinan tersebut, turis hendak disambut oleh deretah tumbuhan cemara gunung serta tumbuhan pinus yang banyak berkembang di kanan kiri jalur. Di zona pepohonan ini berperan selaku camping ground serta umumnya banyak mahasiswa dari kampus- kampus di Malang serta Surabaya mengadakan aktivitas di tempat ini.

Air Terjun Coban Rondo
Air Terjun Coban Rondo

Sehabis berjalan dekat 3 kilometer, sampailah di zona parkir yang cukup lumayan luas. Disini banyak ditemui warung- warung penjual santapan serta minuman. Tarif parkir buat sepeda motor Rp. 2. 000,- dan kendaraan roda 4 Rp. 5. 000,-

Kamu dapat membeli kacang rebus di tempat ini buat dibawa ke posisi air terjun. Dari tempat parkit diperlukan waktu 10 menit berjalan kaki. Di selama jalan setapak buat berjalan kaki ini banyak ditemui monyet- monyet yang berkeliaran menunggu santapan dari turis. Kamu dapat membagikan kacang ataupun santapan yang lain di selama jalan setapak ini. Di kanan kiri jalan setapak ialah zona halaman yang tertata dengan apik nan indah. Terdapat pula pondok- pondok dari bambu buat tempat rehat untuk turis.

Satu perihal yang tentu, kamu harus buat bawa kamera dikala kamu lagi terletak di tempat yang satu ini sehingga kamu dapat menangkap momen- momen serta panorama alam yang indah dikala terletak didalamnya. Ditambah lagi, banyak opsi angle yang pas buat menangkap foto yang indah di tempat ini. Tidak hanya wisata air terjun, Kamu pula bisa menikmati pesona alam yang banyak ditemui di zona posisi wisata dan bisa merasakan game flying fox, tubing, wisata rafting, camping ground, jogging track serta halaman labirin.

Cerita Legenda di Air Terjun Coban Rondo

Di zona wisata terdapat suatu papan data yang menarangkan tentang sejarah air terjun coban rondo, bahwasanya terdapat sejoli suami istri yang baru menikah, ialah Dewi Anjarwati dari Gunung Kawi serta Raden Baron Kusumo dari Gunung Anjasmoro. Keduanya lagi melaksanakan ekspedisi mengarah Gunung Anjasmoro, ialah ke kediaman si suami. Keduanya dikawal oleh para abdi setia yang ikut dan mengiringinya.

Sesungguhnya orang tua Dewi Anjarwati melarang mereka buat bepergian, mengingat keduanya masih baru saja menikah. Serta diyakini, bila bepergian saat sebelum umur perkawinan menggapai 36 hari( hari selapan bagi jawa) hendak bawa kesialan. Tetapi keduanya senantiasa ngotot berangkat.

Di tengah ekspedisi, muncullah Joko Lelono yang tidak jelas asal usulnya. Ia terpikat dengan kecantikan Dewi Anjarwati serta mau merebutnya dari tangan Raden Baron Kusumo. Keduanya ikut serta perkelahian sampai tewas. Sedangkan para abdi dalem menyembunyikan Dewi Anjarwati ke sesuatu tempat yang ada air terjun( coban, bahasa jawa). Kesimpulannya si dewi juga jadi janda semenjak ditinggal mati suaminya. Semenjak dikala seperti itu, wisata air terjun ini diketahui dengan Coban( air terjun) serta Rondo( janda) ataupun Air Terjun Janda. Seakan- akan tangisan duka Dewi Anjarwati beriringan dengan tumbangnya air yang menghempas batu- batu granit dibawah air yang lagi terjun.

Serta konon katanya terdapat larangan tiba ke air terjun coban rondo bersama pacar. Bila melanggar hingga cinta keduanya tidak hendak awet. Entah yakin entah tidak, seluruh itu kembali kepada diri kita tiap- tiap.

Halaman Labirin, Wahana Baru di Coban Rondo

Labirin Coban Rondo
Labirin Coban Rondo

Sehabis berakhir menikmati wisata air terjun coban rondo, cobalah mampir ke wahana baru ialah Halaman Labirin. Labirin ini lumayan luas. Banyak pendamping muda- mudi yang berupaya berpetualang membongkar labirin ini. Titik pusat dari labirin tersebut merupakan kolam air mancur kecil. Banyak pula yang curang dengan memohon petunjuk temannya yang memantau dari tower buat membongkar labirin tersebut. Harga tiket masuk ke Halaman Labirin Coban Rondo ini Rp. 10. 000,- per orang.



Belum ada Komentar untuk "Air Terjun Coban Rondo Malang dan Legenda di Balik Kecantikan Air Terjun Coban Rondo Malang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel